Pengikut

uNqxTDPAMkB91mAzsfOzI1Os9mxYnxiovtueTU23

Apa itu Ruqyah? Apa Saja Jenisnya?


apa itu ruqyah
Ilustration picture

Peran.net - Sebagai orang muslim pasti sudah sering mengenai ruqyah. Mungkin ada juga dari anda yang familiar dengan kegiatan ini dan ada juga yang belum ingin tahu lebih lanjut mengenai apa itu ruqyah. Bagi anda yang penasaran dengan apa itu ruqyah dan juga jenisnya. Berikut ini adalah ulasan untuk anda.

Apa itu ruqyah?

Merupakan salah satu metode penyembuhan dalam Islam. Banyak yang salah sangka dan berpikir bahwa ruqyah adalah sebuah kegiatan penyembuhan yang hanya digunakan untuk mengusir jin di dalam tubuh. Ternyata, ruqyah adalah sebuah kegiatan penyembuhan yang juga bisa digunakan untuk mengusir penyakit yang muncul di dalam tubuh karena hal-hal fisik.
Kegiatan ruqyah ini dilakukan dengan cara membaca bacaan-bacaan ayat yang sumbernya dari Al Quran dan juga hadist. Hal inilah yang menyebabkan ruqyah tidak hanya bisa dilakukan dengan bantuan para ahli ruqyah tapi juga bisa dilakukan sendiri. Untuk anda yang ingin tahu bagaimana caranya melakukan ruqyah sendiri, kami akan membahasnya lebih lanjut pada artikel selanjutnya.
baca juga : Mengapa membaca ayat kursi?


Manfaat luas dari ruqyah

Selain digunakan untuk membantu mengusir jin dan setan dalam tubuh serta menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan fisik. Ternyata ruqyah juga memiliki manfaat lainnya. Salah satu manfaat dari kegiatan ruqyah yang lain adalah untuk mencapai apa yang diinginkan baik itu keinginan yang duniawi maupun keinginan di akhirat. Selain itu, masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan kegiatan ruqyah ini. Pada intinya, kegiatan ruqyah merupakan kegiatan yang digunakan sebagai perantara antara kita dengan Allah dalam hal memohon sesuatu pada-Nya.


Jenis dari ruqyah

Sejujurnya kegiatan ruqyah ini sudah ada sejak lama, sejak sebelum keberadaan Nabi Muhammad SAW. Bahkan ada juga yang berpendapat bahwa kegiatan ruqyah sudah ada sejak manusia ada. Akan tetapi saat ini ruqyah dilakukan dengan menggunakan ayat Al Quran dan juga hadist sehingga disepakati oleh para ulama untuk memperbolehkan kegiatan ruqyah ini sebagai kegiatan yang islami.
Ya, jenis dari kegiatan ruqyah ada 2 macam yaitu :
  •     Ruqyah Syar'iiyyah
Jenis dari kegiatan Ruqyah yang pertama adalah Ruqyah Syar'i’iyyah. Jenis ruqyah ini adalah jenis ruqyah yang diperbolehkan dalam syariat Islam. Jenis kegiatan ruqyah ini dilakukan berdasarkan tata cara yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, pengobatan dengan cara ruqyah ini sangat dianjurkan. Jika ada jenis kegiatan ruqyah yang diperbolehkan, pasti ada juga kegiatan ruqyah yang tidak diperbolehkan bukan? Tentu saja anda. Jenis ruqyah yang tidak diperbolehkan dalam Islam adalah :
  •     Ruqyah Syirkiyyah
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada jenis ruqyah yang diperbolehkan dan ada juga yang tidak diperbolehkan. Jenis dari ruqyah yang tidak diperbolehkan adalah ruqyah Syirkiyyah. Jenis ruqyah ini adalah jenis pengobatan yang dilakukan dengan menggunakan praktek sekutu dengan jin. Biasanya dilakukan oleh paranormal atau dukun. Jenis ruqyah ini merupakan salah satu ruqyah dalam bentuk syirik yang tentunya sangat dilarang di dalam Islam.

apa itu ruqyah
Nah sekarang sudah tahu bukan, ternyata ada ruqyah yang diperbolehkan dalam Islam dan ada juga yang tidak diperbolehkan. Untuk anda yang ingin tahu apa perbedaan dari ruqyah Syar'iiyyah dan ruqyah Syirkiyyah secara lebih detail, anda bisa cek artikel kami selanjutnya. cara membedakan ruqyah syar'iiyah dan syirkiyah
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar