Pengikut

uNqxTDPAMkB91mAzsfOzI1Os9mxYnxiovtueTU23

Cara Mengikhlaskan Rasa Sakit Hati

Peran.net - Sebagai manusia biasa, akan mudah bagi kita untuk merasakan sakit hati dan juga rasa kecewa di dalam hidup kita. Hal ini disebabkan karena di dalam hidup kita, kita akan senantiasa diuji oleh Allah SWT untuk mengetahui seberapa dalam rasa cinta kita kepada-Nya. Akan tetapi, banyak orang yang menyalah Artikan rasa sakit dan rasa kecewa yang mereka dapatkan sebagai salah satu hal yang salah. Untuk anda yang ingin menjadikan diri anda lebih baik, berikut ini berbagai ulasan mengenai cara mengikhlaskan rasa sakit hati dan juga manfaatnya untuk mendapatkan ridha Allah SWT.

belajar untuk mengikhlaskan rasa sakit
Ilustration Image by Pixabay.com

Rasa sakit adalah sebuah dorongan 


Rasa sakit hati yang dialami oleh seseorang bisa menjadi dua mata pisau yang saling bertentangan, Ketika anda menggunakannya dengan cara yang salah anda bisa menghancurkan diri anda sendiri. Akan tetapi jika anda menggunakan rasa sakit hati ini dengan benar, anda bisa terus menjadi orang yang lebih baik. 

Contohnya ketika ada seseorang yang melukai perasaan anda dengan mengatakan mengenai salah satu kekurangan anda, anda yang mengelola rasa sakit ini dengan baik akan menjadikannya sebagai salah satu dorongan untuk menjadi orang yang lebih baik dari pada bidang tersebut, baik pekerjaan maupun prestasi. 

Akan tetapi menggunakan rasa sakit ini sebagai dorongan jangan lantas membuat diri anda menjadi pendendam dan ingin membalaskan terasa sakit hal tersebut. 

Rasa sakit digunakan semata-mata sebagai dorongan, ampunilah orang yang buat anda merasa sakit hati tersebut anda. Ini disebabkan karena sesukses apapun anda memperbaiki kekurangan anda, jika hati anda masih ada di dalam rasa dendam anda akan mendapatkan banyak sekali kerugian di dalam diri anda.


Akibat rasa sakit hati yang ditimbun di dalam dada


Ketika anda merasa sakit hati, kemudian anda belum bisa melepaskan rasa sakit hati tersebut, anda akan mendapatkan banyak kerugian seperti yang telah kita sebutkan sebelumnya. Beberapa kerugian yang akan kita alami antara lain adalah :


Kehilangan hubungan persaudaraan


Ketika anda merasa sakit hati dan tidak melepaskannya pada saat itu juga maka rasa sakit hati ini akan bertambah dan menumpuk. Jika rasa sakit hati tersebut yang menumpuk, maka akan lebih mudah bagi anda untuk tersulut emosi dan akhirnya terlibat dalam perselisihan yang tidak bisa diselesaikan dengan baik. Pada akhirnya hal ini akan mengakibatkan anda kehilangan hubungan persaudaraan dengan orang tersebut.

Menjalin persaudaraan adalah salah satu hal yang penting di dalam Islam. Oleh karena itu, jika anda kehilangan hubungan yang baik dengan saudara seiman anda maka Allah tidak akan menyukai hal tersebut.


Munculnya rasa iri dengki dan kejahatan


Hal lain yang menyebabkan rasa sakit hati bisa menjadi Salah satu hal yang merugikan bagi anda adalah rasa iri dengki dan munculnya kejahatan. Rasa iri dan dengki adalah sebuah rasa yang sangat dibenci oleh Allah Hal ini disebabkan karena rasa ini bisa menjadi awal mula dari sebuah kejahatan. 

Contohnya ketika ada seseorang yang kesal karena perkataan yang tidak menyenangkan, orang tersebut akan merasa iri dan dengki dengan segala sesuatu pencapaian yang dimiliki oleh orang yang menyakiti hatinya. Jika sudah seperti ini orang yang merasa sakit hati akan lebih mudah melakukan kejahatan, entah itu kejahatan yang besar ataupun kejahatan yang kecil seperti membicarakan keburukan di kepada orang lain. Meskipun sederhana, menggunjingkan orang lain merupakan salah satu perbuatan dosa bukan? 


Mengikhlaskan rasa sakit hati 


Untuk menghindari kerugian yang sudah kami sebutkan sebelumnya, maka hal yang paling penting yang perlu anda lakukan adalah menghilangkan rasa sakit hati anda. Ketika anda mampu menghilangkan rasa sakit hati anda, anda bisa mendapatkan beberapa manfaat seperti berikut ini :


Dapat membantu anda lebih dekat dengan Allah 


Salah satu manfaat yang akan anda rasakan ketika anda dapat menghilangkan rasa sakit hati anda adalah anda bisa lebih dekat dengan Allah. Ketika hati anda terasa sakit, cara paling baik untuk menghilangkannya adalah dengan mendekatkan diri pada Allah. Memohon bantuan Allah untuk menghibur hati anda serta memohon bantuan Allah untuk segera melupakan kesalahan orang yang menyakiti hati anda. Makin anda banyak berdoa pada Allah, akan makin dekat hubungan anda dengannya.


Menghilangkan keras hati 


Satu lagi manfaat yang akan anda dapatkan Ketika anda melepaskan rasa sakit hati anda adalah menghilangkan rasa keras hati. Hati yang keras merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya di dalam hidup anda. Hal ini disebabkan karena hati yang keras akan menyebabkan anda sulit untuk menghitung berkah yang telah di berikan pada anda. Dengan melepaskan rasa sakit hati anda, anda sudah belajar untuk menerima salah satu cobaan dari Allah. Dengan begitu anda akan menjadi lebih lembut dan lebih mudah dalam merasakan nikmat yang diberikan Allah.


Menghapus dosa yang sudah kita lakukan 


Ketika kita merasakan rasa sakit hati dan kita ikhlas menerimanya. Pada saat itu juga Allah sedang menghapus dosa kita. Jadi selalu ingat bahwa rasa sakit hati adalah sebuah hal yang baik untuk diri anda. Oleh karena itu, anda harus menerimanya dan mengikhlaskannya.


Tips mengatasi rasa sakit hati 


Mengikhlaskan rasa sakit hati merupakan salah satu hal yang baik dan memberikan banyak manfaat pada diri anda seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Akan tetapi mengatasi rasa sakit hati memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghindari rasa sakit hati :


Tidak banyak bicara 


Salah satu cara untuk menghilangkan rasa sakit hati ketika berhadapan dengan orang adalah dengan cara menghindari bicara terlalu banyak. Makin banyak anda bicara, makin ingin anda membalas rasa sakit hati yang anda rasakan.


Selalu mengingat Allah


Hal kedua yang anda harus lakukan ketika anda berhadapan dengan orang dan orang tersebut membuat anda merasa sakit hati adalah selalu mengingat Allah. Allah adalah Dzat yang sangat pemaaf, bahkan sebelum kita meminta maaf kepadanya Allah Sedang mengampuni dosa kita. Oleh karena itu kita sebagai hamba-Nya juga harus melakukan hal yang sama.


Sebisa mungkin langsung pergi 


Jika memang anda merasa sakit hati dengan orang yang tidak sesuai dengan lingkungan anda bergaul, akan lebih baik jika anda segera pergi dari tempat itu untuk menghindari rasa sakit hati yang lebih lagi. Bergaul dengan orang yang memiliki cara hidup dan sikap yang berbeda Mungkin memang sulit untuk dilakukan sehingga sebisa mungkin pilih teman bergaul yang tepat sehingga membuat anda diuntungkan dalam hal spiritual.


Setiap orang hidup di dunia ini pasti pernah mengalami jatuh cinta dan sakit hati karena hidup ini persis seperti roda yang berputar tanpa henti, Terkadang ia berada di atas terkadang pula ia berada di bawah, terkadang seseorang hidup dalam kebahagiaan namun tidak menutup kemungkinan kesedihan juga dapat menyertai hidupnya; baik karena kehilangan barang atau orang yang dicintai melalui kematian, perceraian, putus hubugan atau bahkan penolakan cinta. memang itulah yang di maksud dengan kehidupan, penuh lika-liku dan teka-teki, tugas kita hanyalah menjalaninya dengan sebaik mungkin tanpa mengeluh atas setiap takdir yang di berikan Alloh SWT


Diakui atau tidak, perasaan sakit hati yang mendalam terjadi ketika seseorang kehilangan barang atau orang yang dia cintai, sakit hati dapat membuat orang lupa makan, tidak bisa tidur nyenyak, hilang ingatan, sampai-sampai ada yang ingin bunuh diri. Nauzubillah. Cintailah sesuatu sekedarnya saja karena tidak ada yang abadi di dunia ini. Dunia dan isinya hanyalah bayangan yang akan hilang pada waktunya. Pada akhirnya semua akan kembali kepada yang telah menciptakan-Nya yaitu Allah SWT


Namun Jangan khawatir bagi anda semua yang sedang sakit hati karena sebab kehilangan barang, orang tersayang atau cinta yang tertolak, karena semua itu pasti ada jalan keluarnya, di antaranya dengan tetap berbaik sangka kepada sang pemilik hati dan pemberi kebahagiaan serta selalu meminta pengganti yang lebih baik daripadanya dalam setiap do'a


Adapun D'oa Untuk Sakit Hati dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim disebutkan, bahwa zaman dulu Rasulullah saw pernah mengajarkan sebuah doa sakit hati kepada seorang sahabat dari kalangan wanita, yaitu Ummu Salamah. Ketika itu Ummu Salamah curhat kepada Rasulullah Saw tentang perasaan hatinya yang sedih karena ditinggal wafat dalam peperangan oleh suaminya tercinta yang bernama Abu Salamah, lalu Rasulullah Saw menyuruhnya untuk berdoa. berikut doa tersebut.

…اللَّهُمَّ أْجُرْنِى فِى مُصِيبَتِى وَأَخْلِفْ لِى خَيْرًا مِنْهَا


“Ya Allah, berikanlah aku pahala dalam musibahku ini dan berikanlah ganti yang lebih baik daripadanya.” (HR. al-Bukhari dan Muslim).


Semoga bermanfaat dan lekas sembuh dari sakit hati➽

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar