Pengikut

uNqxTDPAMkB91mAzsfOzI1Os9mxYnxiovtueTU23

Ciri Ruqyah yang Diperbolehkan dalam Islam?


Peran.net - Untuk anda yang sudah membaca artikel kami sebelumnya mengenai penjelasan ruqyah, Apa itu rukyah? pasti anda tahu bahwa ada jenis ruqyah yang diperbolehkan dan ada juga yang tidak diperbolehkan. Ruqyah yang diperbolehkan disebut dengan ruqyah Syar'iiyyah sedangkan ruqyah yang tidak diperbolehkan adalah ruqyah Syirkiyyah. Keduanya dari luar terlihat memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menyembuhkan. Akan tetapi keduanya memiliki proses yang berbeda. Proses inilah yang menyebabkan keduanya sangat bertolak belakang. Untuk tahu lebih lanjut mengenai kedua jenis ruqyah ini, berikut ini adalah ulasannya.

Perbedaan ruqyah Syar'iyyah dan ruqyah Syirkiyyah

Ruqyah syar'iyyah adalah kegiatan penyembuhan yang diperbolehkan dalam ruqyah. Hal ini disebabkan karena kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW dan menggunakan ayat Al Quran dan juga hadist dalam proses penyembuhannya.

Sedangkan dalam ruqyah syirkiyyah, proses dilakukan dengan menggunakan bacaan dan jampi-jampi. Proses penyembuhan juga dilakukan dengan sekutu jin. Hal ini menyebabkan kegiatan ini menjadi kegiatan syirik sehingga wajib dihindari oleh orang Islam.

Membedakan ruqyah Syar'iyah dan ruqyah Syirkiyyah

Terkadang, karena termakan rayuan mengenai kesembuhan, banyak orang kemudian mengikuti kegiatan yang mengatasnamakan ruqyah. Banyak orang juga yang sering kali mengikuti kegiatan seperti ini tanpa pikir panjang dan tanpa melakukan penyelidikan. Padahal sampai di tempatnya anda tidak tahu apakah ruqyah benar-benar dilakukan sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW atau tidak.

Untuk menghindari anda masuk ke lingkaran syirik yang tidak anda ketahui, maka penting bagi anda untuk tahu prosesi ruqyah syar'iiyyah yang seharusnya anda dapatkan. Berikut ini adalah ciri dari sebuah kegiatan ruqyah syar'iiyyah yang benar dan dijalankan sesuai dengan contoh Nabi Muhammad SAW.
ruqyah
    1. Menggunakan bacaan Al Quran dan juga menggunakan hadist dari Nabi Muhammad SAW
    2. Doa jelas dan juga dibacakan maknanya
    3. Adanya keyakinan bahwa segala penyakit bisa disembuhkan hanya dengan keyakinan akan takdir Allah
    4. Tidak meminta pada kaum jin dan hanya meminta pada Allah SWT
    5. Tidak menggunakan benda atau jimat yang mengindikasikan syirik dan syubat
    6. Ada nilai-nilai dasar syariah dalam proses terapi, contohnya ketika akan melakukan ruqyah pada seorang wanita, harus ada mahrom. Peruqyah juga wajib menggunakan sarung tangan tebal untuk berjaga-jaga ketika harus menyentuh.
    7. Peruqyah harus anda kenal sebagai orang yang istiqamah dalam beribadah . Memiliki akhlak yang terpuji dan aqidah yang bersih.
      Jika hal-hal ini tidak ditemukan pada kegiatan ruqyah yang anda ikuti maka sesegera mungkin tinggalkan kegiatan tersebut. Karena sudah pasti kegiatan tersebut merupakan kegiatan ruqyah yang tidak diperbolehkan dalam Islam.

      Manfaat ruqyah yang benar secara Islam

      Pada dasarnya ruqyah adalah sebuah kegiatan pengobatan yang bisa digunakan untuk membantu masalah-masalah yang dikaitkan dengan gangguan jin. Hal ini adalah hal yang dipercaya oleh banyak orang selama ini. Padahal, ternyata ruqyah adalah sebuah kegiatan yang digunakan sebagai perantara untuk melakukan permohonan pada Allah SWT.
      Ruqyah adalah sebuah kegiatan perantara untuk memohon kesembuhan pada Allah, baik kesembuhan dari gangguan jin, dari kesehatan fisik atau memohon ampun dan memohon hal-hal yang duniawi. Oleh karena itu, ruqyah juga bisa dilakukan sendiri.
      Memang, ruqyah dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit fisik. Akan tetapi ketika anda mengalami penyakit fisik. Allah akan membantu menyembuhkan menggunakan obat-obatan. Oleh karena itu, jangan sampai anda datang untuk ruqyah penyakit anda tanpa melakukan usaha datang ke dokter secara medis ya.
      Related Posts

      Related Posts

      Posting Komentar