Pengikut

uNqxTDPAMkB91mAzsfOzI1Os9mxYnxiovtueTU23

Manfaat Menjaga Lisan bagi Seorang Muslim

Peran.net - Salah satu bagian tubuh kita yang paling berbahagia dan perlu diperhatikan dengan baik adalah mulut kita. Hal ini disebabkan karena mulut terkadang bisa menyebabkan kita dalam masalah baik itu masalah duniawi maupun masalah yang berhubungan dengan Allah. Terlalu banyak menggunakan mulut kita, akan membuat kita makin tidak terkontrol. Banyak orang yang pada akhirnya terlalu banyak bicara tanpa dipikir panjang dan pada akhirnya menyakiti orang lain. Hal ini adalah salah satu akibat yang akan kita alami jika tidak menjaga lisan kita dengan baik.

Menjaga Lisan

Akibat tidak menjaga lisan 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tidak lisan kita bisa menyebabkan kita menyakiti hati orang lain tanpa kita sengaja. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk menjaga mulut kita dari mengatakan hal-hal yang tidak seharusnya. Selain menyebabkan kita menyakiti hati orang lain, tidak menjaga lisan dengan baik bisa menyebab masalah-masalah lain di dalam hidup kita. Masalah-masalah tersebut antara lain adalah :

Rasa Sombong
Salah satu masalah yang akan muncul ketika kita tidak menjaga lisan kita dengan baik adalah mengenai kesombongan. Makin banyak kita bicara, Semakin banyak kita berpikir mengenai apa yang akan kita bicarakan. Jika hal ini terjadi terkadang, kita akan bicara mengenai hal-hal yang tidak diperlukan termasuk bicara mengenai pencapaian kita dan berakhir membuat kita sombong.

Menyebabkan penyakit ain

Masalah lain yang bisa menjadi masalah ketika kita banyak bicara adalah kemunculan penyakit ain. Penyakit Ain adalah penyakit yang muncul karena rasa iri dari seseorang. Jika kita terlalu banyak bicara, seringkali kita tidak sadar bahwa kita sedang mengatakan kelebihan kelebihan yang kita miliki Dan pada akhirnya menyebabkan orang lain menjadi Iri kepada kita.

Banyaknya hal buruk yang akan terjadi pada kita ketika tidak menjaga lisan, harusnya membuat kita tersadar Dan makin mawas diri untuk menjaga lisan kita. Selain menghindari hal di atas, menjaga lisan juga akan memberikan banyak manfaat kepada diri kita. Manfaat Menjaga Lisan bagi Seorang Muslim antara lain adalah sebagai berikut :

Memiliki kedudukan tinggi sebagai seorang muslim


Salah satu manfaat ketika kita menjaga lisan dengan baik adalah mendapatkan kedudukan yang tinggi di mata Allah. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dengan menjaga lisan kita bisa menghindari banyak hal-hal buruk yang mungkin kita katakan. Oleh karena itu dengan menjaga lisan, kita akan banyak terhindar dari dosa sehingga bisa mendapatkan kedudukan yang tinggi sebagai seorang muslim di mata Allah.

Dijanjikan surga


Salah satu manfaat lain ketika kita menjaga lisan adalah mendapat janji surga dari Allah. Berdasarkan salah satu hadis dari Sahl nin Sa'ad Ra, kita bisa tahu bahwa ketika kita menjaga lisan dengan baik maka Allah akan menjanjikan Surga pada kita.

Menghindari kebinasaan

Mereka yang bicara tanpa berpikir akan mengalami kebinasaan saat di akhirat. Oleh karena itu ketika kita bisa menjaga lisan dengan baik, kita dapat menghindari kebinasaan sesuai dengan Ridha Allah.

Menguatkan iman
Manfaat lain ketika kita menjaga lisan kita adalah dapat menguatkan iman kita sendiri. Ketika kita menjaga lisan, kita akan lebih sedikit bicara. Ketika kita sedikit bicara maka kita lebih banyak berpikir. Makin banyak kita berpikir mungkin kita banyak mengingat Allah. Hal inilah yang pada akhirnya akan membantu kita untuk menguatkan keimanan kita kepada Allah.

Menghindari keras hati

Hal terakhir yang membuat kita beruntung ketika menjaga lisan adalah menjaga hati kita tetap lembut. Menjaga hati tetap lembut merupakan hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Tanpa ridho Allah, akan sulit bagi kita untuk mempertahankan hati kita tetap lembut.

Salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk mempertahankan hati kita agar tetap lembut dan dapat lebih mudah bersyukur terhadap nikmat Allah adalah dengan menjaga lisan kita. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Orang yang banyak bicara pada akhirnya akan mengumbar kesombongan. Ketika manusia sombong ia akan sulit untuk mengingat siapa yang memberikannya nikmat kepadanya. Jika sudah lupa pada akhirnya hatinya akan menjadi keras.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar