Pengikut

uNqxTDPAMkB91mAzsfOzI1Os9mxYnxiovtueTU23

Manfaat Tersenyum

senyum

Peran.net - Dalam Islam, ada banyak hal-hal kecil yang bisa kita jadikan sebagai Ibadah dalam hidup kita. Salah satu hal kecil yang dinilai besar oleh Allah adalah ibadah tersenyum. Adakah ibadah yang paling mudah dikerjakan? Ada, senyummu terhadap saudaramu. Hanya dengan banyak tersenyum, kita bisa mendapatkan hanya pahala dan juga Ridho dari Allah. Berikut ini adalah beberapa fakta dari sebuah senyuman dari pandangan Islam yang akan membuat anda menjadi pribadi yang lebih murah senyum:

Senyum adalah sedekah

Dari Abu Dzar R. A, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, dalam kitab Shahihah Muslim (No. 572), HR at-Tirmidzi (No. 1956), Ibnu Hibban (No. 474 dan 529) dll

تَبَسُّمُكَ فِى وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ
“Senyumanmu di hadapan saudaramu (sesama muslim) itu termasuk (bernilai) sedekah bagimu“

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dalam Islam tersenyum merupakan salah satu bentuk ibadah. Dengan tersenyum anda bisa memberikan rasa tenang pada orang lain. Hal inilah yang menyebabkan senyum bisa dijadikan sebagai sebuah sedekah. Seperti yang kita tahu, Sedekah Yang kita berikan pada orang lain akan dibalas dengan berkali-kali lipat oleh Allah SWT.

Senyum adalah ibadah yang memiliki anugrah cukup besar yang diberikan oleh Allah SWT, tanpa mengeluarkan uang sepeserpun hanya dengan tersenyum saja kita sudah di anggap bersedekah. Oleh karena itu jangan ragu untuk selalu tersenyum dan menyebarkan kedamaian ada orang-orang di sekitar anda agar Allah jika memberikan ketenangan dalam hidup anda.


Sunnah Nabi Muhammad SAW

Selanjutnya yang menyebabkan senyum bisa menjadi sebuah hal yang sangat menarik adalah fakta mengenai senyum merupakan sunnah dari Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam pada. Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam adalah contoh terbaik yang bisa kita dapatkan dari antara manusia yang pernah hidup di dunia ini. Salah satu pelajaran yang diberikan oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam adalah mengenai senyuman.

Sebagai seorang utusan Allah, Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam juga memiliki kehidupan yang tidak mudah. Meskipun ia menyebarkan kebaikan, tetap banyak saja orang yang tidak menyukainya. Akan tetapi Meskipun banyak orang yang tidak menyukainya, beliau tetap selalu menebarkan senyum pada semua orang. Hal ini tentunya harus kita tiru sebagai sunnah dari nabi yang kita anut.

Meringankan beban pikiran

Manfaat lain yang akan kita dapatkan ketika sering tersenyum adalah meringankan beban pikiran kita sendiri. Ketika kita memiliki masalah, dengan banyak tersenyum kita dapat meletakkan beberapa pikiran kita. Ketika kita tersenyum, orang-orang tidak akan merasa sungkan untuk berkomunikasi dengan kita. Hal inilah yang akan membuat kita melupakan beban pikiran yang sedang kita hadapi. Bandingkan Jika anda memiliki wajah masam ketika menghadapi sebuah masalah, orang-orang akan enggan untuk menghampiri anda dan berkomunikasi dengan anda bukan? Hal inilah yang membuat perbedaan besar ketika anda tersenyum dan tidak.

Menjaga silaturahmi

Pernahkah anda merasa tidak nyaman ketika ada orang yang bermuka masam? Ketika orang memiliki wajah yang masam, orang lain akan merasa bahwa orang tersebut memiliki masalah dengan mereka. Jika anda memasang wajah yang masam, orang-orang pasti juga akan merasa memiliki masalah dengan anda. Lagi-lagi hal ini membuat anda menjadi orang yang tidak mudah untuk diajak komunikasi. Oleh karena itu pasanglah wajah yang tersenyum dan ceria sehingga akan lebih mudah bagi orang-orang yang ingin menjaga silaturahmi dengan anda.

Memiliki manfaat bagi kesehatan


Manfaat senyum bagi kesehatan memiliki banyak dampak positif terhadap tubuh, salah satuhnya meningkatkan kekebalan tubuh, saat kita tersenyum system imun kita melonjak tinggi sehingga akan membuat anda bertambah rileks, dan sel darah merah jumlahnya akan meningkat melawan penyakit itulah mengapa, seseorang yang sedang menjalani pengobatan tidak dibiarkan terus merasa sedih.

Manfaat senyum lainnya bagi kesehatan yaitu menghilangkan stress tak bisa dipungkiri setiap manusia pasti mempunyai masalah dan mengalami stres, itu semua tergantung mereka menghadapinya. Rasanya memang sulit sekali untuk tersenyum. Tetapi, cobalah untuk melakukannya sambil memikirkan hal-hal yang positif dan baik. Memang tersenyum membantu pelepasan hormon endorfin yang membuat seseorang menjadi merasa lebih bahagia. Dengan tersenyum, akan terasa lebih tenang dan rileks.

Memancarkan inner beauty

Tersenyum juga bisa menjadi salah satu cara untuk membuat diri anda menjadi lebih menarik. Ketika anda banyak tersenyum, anda bisa memberikan kesan Dimana anda adalah pribadi yang lebih tenang dan lebih menyenangkan. Hal inilah yang menyebabkan banyak tersenyum dapat membantu anda untuk memancarkan inner beauty anda.

Meningkatkan rasa percaya diri

Banyak tersenyum juga bisa membantu anda untuk meningkatkan rasa percaya diri. Ketika anda tersenyum, anda akan merasa orang-orang sekitar anda menjadi lebih terbuka. Oleh karena itu ketika anda tersenyum, anda menjadi lebih mudah untuk masuk ke dalam sebuah lingkungan dan percakapan dan menjadi lebih percaya diri.

Menghilangkan kesedihan

Selain membantu anda untuk melupakan beban masalah yang sedang anda hadapi, banyak tersenyum dan berkomunikasi dengan orang juga dapat membantu anda untuk mengusir kesedihan. Oleh karena itu pasanglah wajah yang selalu ceria sehingga orang-orang menjadi lebih mudah untuk membantu menghilangkan rasa sedih yang sedang anda alami.

Banyak orang sukses selalu tampil ceria di depan orang, menampakkan wajah bahagia dengan simbol senyum manis, tapi di balik semua itu kita tidak tahu masalah apa yang dia hadapi sampai kepuncak kesuksesan pasti dia mengalami fase berjuang untuk sampai kesuksesan, namun orang lain menilai selalu terlihat bahagia dalam menjalani hari-harinya.

Tanda ketabahan

Manfaat tersenyum yang terakhir juga bisa menjadi salah satu tanda kesabaran anda dalam menghadapi masalah. Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orang pasti memiliki masalah di dalam hidupnya. Dengan tersenyum, anda membuktikan bahwa anda kuat dalam menghadapi masalah anda tersebut. Anda juga perlu ingat bahwa Allah sangat menyukai hambanya yang tabah dalam menghadapi segala tantangan dan cobaan yang diberikan-Nya.

Jadi bisa disimpulkan bahwa dengan senyum, kita bisa membuka pintu-pintu kebaikan tersendiri dalam hidup kita. Demikian itu pula beberapa anjuran - anjuran terkait mengapa kita harus banyak-banyak tersenyum. Karena dibalik senyum, terdapat pahala yang teramat sangat banyak, dan ibadah yang paling mudah untuk dilakukan oleh setiap orang tanpa biaya dan beban.

Tersenyum itu gratis dan mudah dilakukan. Jadi, sudahkah Anda senyum hari ini?.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar