Pengikut

uNqxTDPAMkB91mAzsfOzI1Os9mxYnxiovtueTU23

DO'A SETELAH BELAJAR | LENGKAP

Peran.net - Belajar merupakan suatu keharusan yang wajib dilakukan baik anak kecil, remaja, ewasa, maupun lansia.



Belajar atau menuntut ilmu itu merupakan hal yang sangat penting untuk  mewujudkan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Tanpa ilmu, manusia tidak dapat melakukan segala hal. Untuk mencari nafkah perlu ilmu, beribadah perlu ilmu, bahkan makan dan minumpun perlu ilmu. Dengan demikian belajar merupkan sebuah kemestian yang tidak dapat ditolak apalagi terkait dengan kewajiban eorang sebagai hamba Allah swt. Jika seorang tidak mengetahui kewajibannya sebagai hamba bagaimana bisa dia dapat memperoleh keselamatan di dunia dan akhirat.

Rosululloh SAW, telah bersabda :
 أُطْلُبُ الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ إلٰى الْلَحْدِ
Carilah ilmu mulai dari buaiaan ibu(masih bayi) sampai ke liang lahat.

Hadist ini menunjukkan betapa pentingnya mencari ilmu, untuk semua kalangan usia. Dan setiap belajar harus di iringi do'a agar semua yang sudah dipelajari saat di butuhkan, akan bisa dengan mudah untuk di inggat, karena agama sudah menganjurkan kita untuk berdo'a sebelum dan sesudah belajar, agar selama kegiatan belajar sehari-hari dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat. selain itu, tak kalah penting harus memperhatikan proses belajar dan cara belajar tak kalah pentingsupaya belajar anda bisa maksimal.
Do'a adalah senjatanya orang mu'min
BERIKUT LAFADZ DAN ARTI DO'A SETELAH BELAJAR 

اَللٌٰهُمََ ارْزُقْنَا حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ رَحْمَتَكَ يَارَبٌَ الْعَالَمِيْنَ
Allohummarzuqna hi'matika wansyurrohmatika yaa robbal alamin

Artinya : Yaa Alloh, karunikanlah kami hikmah-Mu dan limpahkanlah rahmat-Mu, wahai tuhan semesta alam

اللّهُمَ اِنّيْ اَسْتَوْدِعُكَ مَاقَرَأْتُهُ وَمَاعَلِّمْتُهُ فَارْدُدْهُ اِلَيَّ عِندَ حَا جَتِى اِلَيْهِ وَلَا تَنْسِنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allahumma inni astaudi’uka maa qoro'tuhu wa maa allamti fardudhu ilaiyya ‘indda haajatii ilaihi wa laa tansiniihi yaa robbal ‘alamiin.

Artinya : ” Ya Allah, sesungguhnya kutitipkan pada-Mu apa yang telah aku baca dan apa yang telah aku pelajari, maka kembalikanlah kepadaku ketika aku membutuhkan, dan janganlah Engkau lupakan. Ya Allah Tuhan yang menguasai sekalian alam.”

سُبْحَانَكَ اللٌٰهُمٌَ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُاَنْ لَاإلَهَ إِلٌَاأَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ إِلَيْكَ
Subhanakallohumma wabihamdika ashadualla ilaha illaanta astaghfiruka waatubu ilaik.

Artinya : "“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.” (HR. Tirmidzi, Shahih)

ADAB BELAJAR

Adab atau tata krama ketika melakukan segala sesuatu adalah memulainya dan mengakhirinya dengan berdoa kepada Allah swt. Minimal mengawalinya dengan basmalah dan mengakhirinya dengan hamdalah. Begitu pula ketika dalam proses belajar mengajar, hendaknya diawali dengan doa dan diakhiri pula dengan berdoa. maka dari itu sangat penting untuk mempelajari adab terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat ..

Related Posts

Related Posts

1 komentar