Pengikut

uNqxTDPAMkB91mAzsfOzI1Os9mxYnxiovtueTU23

Hari Ahad Atau Hari Minggu

Peran.net - Dalam perkara penyebutan Hari Ahad atau Hari Minggu masih menjadi polemik, kendati demikian keduanya memiliki definisi yang berbeda dari segi penafsiran. Namun sebagaian orang percaya bahwa hari minggu semestinya diganti dengan kata lain, yaitu hari Ahad.

Hari Ahad Atau Hari Minggu

Hari Ahad adalah hari pertama dari jangka satu minggu, sudah menjadi keputusan bersama bahwa hari Minggu termasuk salah satu hari libur nasional beserta cuti bersama. Sesuai Surat yang diterbitkan oleh Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ini menggunakan istilah Minggu, alih-alih Ahad, menjadikan nama hari Minggu sebagai istilah yang resmi digunakan.

Baca Juga : Keberuntungan Hari Sabtu

Hari Ahad

Hari Ahad merupakan hari besar dan hari istimewa bagi umatnya Nabi Isa As, yaitu kaum Nashroni. Selain hari Ahad merupakan hari baik untuk mulai menanam dan membangun. Dalam kitab “Sab’iaat fi mawaidzil bariyyaat” Anas bin Malik meriwayakan ;

“Rosululloh SAW ditanya tentang hari Ahad, beliau bersabda : Hari Ahad adalah hari (yang paling baik) untuk menanam dan membangun. Para sahabat bertanya, kenapa begitu ya Rosululloh...? Beliau bersabda, karena pada hari Ahad Alloh SWT menjadikan dunia dan meramaikannya”. Hadist tentang hari Ahad.

A. Fadilah Hari Ahad 

1. Sholat Sunnah

Tidak ada keterangan yang kuat yang menganjurkan untuk menjalankan sholat sunnah secara khusus pada malam atau hari Ahad. Namun Imam Ghozali dalam kitab Ihya’-nya berpendapat, bahwa pada malam hari pada malam atau hari Ahad disunnahkan untuk melakukan sholat 20 rokaat. Setiap selesai membaca surat Al - Fatihah kemudian membaca surat Al - Ikhlas 50 kali, surat Al-Falaq dan An-Naas satu kali, istighfar 100 kali. Istighfar 100 kali yaitu kalimat “astaghfirulloh haladzim li waliwa lidaiya” kemudian membaca hauqolah (la haula wala quwata ila billah) 100 kali, kemudian membaca do’a sebagai berikut

Fadhilah : Mendapat pahala yang tak terkira besarnya, dan pada hari Kiamat akan dibangkitkan bersamaan dengan aminiin (orang-orang yang aman) dan masuk surga bersama para Nabi.

Pada hari Ahad disunnahkan menjalankan sholat sunnah 4 rokaat, dimana setiap rokaat setelah membaca surat Al-Fatihah kemudian membaca ayat berikut satu kali

Fadhilah : Mendapat pahala seperti pahala Nabi, mendapat pahala haji dan umroh, setiap rokaatnya berpahalakn 1,000 rokaat, setiap hurufnhya dibalas dengan sebuah kota di surga yang terbuat dari misik yang semerbak, mendapat pahala dan kebaikan dengan bilangannya kaum Nashroni.

2.    Puasa Sunnah

Berpuasa pada hari Ahad hukumnya sunnah dengan syarat dirangkai dengan hari sebelumnya.

3. Dzikir

Setiap hari Ahad disunnahkan membaca dzikir berikut sebanyak 100 kali, yaitu : 

Syaikh Syarowardi meriwayatkan, pada hari Ahad juga disunnahkan membaca dzikir berikut 1,000 kali 


B. Kisah-Kisah di Hari Ahad

Minggu Atau Ahad

Disebutkan dalam : “Sab’iaat fi mawidzil bariyyaat” bahwa pada hari Ahad Alloh SWT telah menciptakan : 

  1. Langit / cakrawala
  2. Bintang-bintang
  3. Neraka
  4. Bumi
  5. Samudera (Lauatan)
  6. Tujuh anggota tubuh manusia (anggota sujud, yaitu dua kaki, dua lutut, dua tangan, dan satu wajah / kepala).
  7. Hari (waktu). Yaitu, Sabtu, Ahad, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan Jumat

Keterangan

Neraka terbagi menjadi tujuh tingkatan :

  1. Neraka Jahannam (untuk kaum mukminin yang durhaka kepada Alloh SWT)
  2. Neraka Ladzo (untuk golongan Yahudi)
  3. Neraka Huthomah (untuk golongan Nashroni)
  4. Neraka Sa’ir (untuk golongan Shobi’in atau penyembah bintang)
  5. Neraka Saqor (untuk golongan Majusu atau penyembah matahari / api)
  6. Neraka Jahim (untuk golongan Musyrikin atau penyembah berhala)
  7. Neraka Hawiyah (untuk golongan Munafikin)

Bumi juga terbagi menjadi tujuh tingkatan : 

Tingkat 1 : Dihuni oleh manusia

Tingkat 2 : Dihuni oleh Jin 

Tingkat 3 : Dihuni oleh kalajengking

Tingkat 4 : Dihuni oleh ular

Tignkat 5 : Dihuni oleh Syaithon

Tingkat 6 : Dihuni oleh Iblis dan pengikutnya

Tingkat 7 : Dihuni oleh Malaikat

Dalam percakapan antara Abdulloh bin Salam dengan Rosululloh SAW, Rosul menjelaskan bahwa dibalik tujuh tingkatan bumi masih ada 70,000 (tujuh puluh ribu) alam yang kesemuanya dihuni oleh para Malaikat. Tidak ada yang mengetahui berapa jumlah Malaikat tersebut kecuali Alloh SWT. mereka tidak mengenal manusia (Nabi Adam As dan keturunannay), Iblis, Syaithon, Dst. Mereka diciptakan hanya untuk kalimat, La ilaha ilallah muhammadar rosullullah.

Hari Minggu

Hari Minggu adalah hari pertama dalam satu pekan. Kata minggu diambil dari bahasa Portugis, Domingo (dari bahasa Latin dies Dominicus, yang berarti "dia do Senhor", atau "hari Tuhan kita"). Dalam bahasa Melayu yang lebih awal, kata ini dieja sebagai Dominggu.[1] Baru sekitar akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, kata ini dieja sebagai "Minggu". Nama lain hari Minggu adalah Ahad yang berarti satu dan diambil dari bahasa Arab (bahasa Ibrani: אֶחָד 'eḥāḏ, bahasa Arab: الأحـد‎ ahad‎). Dalam bahasa Ibrani kata ini berarti "satu" atau "pertama".

Kata minggu ("m" dalam huruf kecil) berarti pekan, satuan waktu yang terdiri dari tujuh hari. Hari Minggu merupakan bagian dari akhir minggu.

Menurut International Organization for Standardization ISO 8601, hari Minggu adalah hari ketujuh dalam seminggu. Metode untuk merepresentasikan penanggalan dan waktu ini telah digunakan sejak 1988.

Baca Juga : Hari Jumat Barokah

Nama minggu dalam bahasa lain

Nama lain lagi untuk hari ini adalah Aditya, Raditya, Redite atau Dite yang diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti matahari, mirip dengan pengertian dalam bahasa-bahasa di Eropa, misalnya bahasa Inggris "Sunday" yang berarti "hari matahari".

Bahasa Kata Arti
Jerman Sonntag Hari matahari
Mandarin 星期日 (xīng qī rì)
Belanda Zondag
Inggris Sunday
Jepang 日曜日 / Nichiyōbi
Swedia Söndag
Denmark Søndag
Katalan Diumenge Hari Tuhan
Castelhano Domingo
Esperanto Dimanĉo
Prancis Dimanche
Galego Domingo
Yunani Κυριακή
Italia Domenica
Portugis Domingo
Indonesia Minggu
Romania Duminică
Estonia Pühapäev
Polandia Niedziela Hari Tuhan
Basque Igande
Turki Pazar
Ceko Neděle
Lituania Sekmadienis
Arab أحد (Ahad) pertama, satu
Indonesia Ahad

Sejarah Hari Minggu

Bagi umat Kristen, hari Minggu identik dengan Hari Tuhan dan hari kebangkitan, selain hari peristirahatan dan hari untuk beribadah (anak-anak pergi ke ibadah sekolah minggu). Hal ini bersumber dari tradisi Sabat atau hari perhentian bagi orang Yahudi yang jatuh pada hari ketujuh (Sabtu). Hari peristirahatan tersebut bergeser pada hari pertama sejak peristiwa Kebangkitan Yesus yang terjadi pada hari pertama (hari Paskah), sehingga seiring berjalannya waktu, gereja mula-mula memperingati hari Minggu sebagai hari perhentian bagi orang Kristen sekaligus hari peringatan akan kebangkitan Yesus.

Pada tanggal 7 Maret 321, Kaisar Konstantinus I, menetapkan hari Minggu sebagai hari peristirahatan bangsa Romawi. Para reformator gereja, Luther dan Calvin memandang hari Minggu sebagai institusi sipil yang dibuat oleh manusia, yang menyediakan waktu bagi manusia untuk beristirahat dan beribadah.

Katekismus Singkat Westminster (1647) menjelaskan. 

59. Hari apa di antara ketujuh hari yang Allah tetapkan menjadi hari Sabat mingguan?

Jawab: Dari permulaan dunia hingga kebangkitan Kristus, Allah menetapan hari ketujuh menjadi hari Sabat mingguan; sesudah itu hari pertama, sampai akhir dunia. Hari itu adalah hari Sabat Kristen. (Kej 2: 2-3; 1 Ko 16:1, 2; Kis 20:7)

Sementara Katekismus Panjang Westminster menjabarkan lebih lanjut tentang perayaan Sabat (Dasa Titah yang keempat)

116. Apa yang dituntut dalam hukum yang keempat?

Jawab: Hukum yang keempat menuntut agar semua orang menguduskan dan membaktikan kepada Allah waktu-waktu tertentu, yang telah ditetapkan-Nya dalam Firman-Nya, khususnya satu hari penuh setiap tujuh hari. Dari permulaan dunia hingga kebangkitan Kristus, hari itu ialah hari ketujuh; sesudah itu hari pertama tiap-tiap minggu; begitu pula untuk seterusnya sampai akhir dunia. Hari itulah hari Sabat Kristen (Ula 5:12, 14; Kej 2:2-3; 1Ko 16:1-2; Kis 20:7; Mat 5:17-18; Yes 56:2, 4, 6-7), yang dalam Perjanjian baru disebut 'Hari Tuhan'. (Wah 1:10)

Signifikansi

Hari Minggu adalah sebuah hari libur di banyak negara di dunia. Layanan sektor publik biasa berhenti pada hari Minggu, namun layanan sektor privat, seperti hotel dan restoran, biasanya tetap buka atau malah mengalami lonjakan permintaan dari turis yang berlibur atau hanya sekadar berakhir pekan. Kantor-kantor bisnis yang bukan ritel, biasa tutup pada hari Minggu, namun pabrik-pabrik ada yang tetap beroperasi 7 hari seminggu.

Di beberapa negara Muslim dan Israel, Minggu adalah hari pertama masuk kerja.

Dalam industri surat kabar dan media lainnya, biasa edisi hari Minggu berbeda dengan edisi hari biasa, atau edisi cetak tambahan khusus (untuk surat kabar) yang hanya terbit pada hari Minggu.

Kompetisi olahraga sering dilangsungkan pada hari Minggu, ketika banyak orang tidak bekerja

Sumber : Wikipedia.org


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar