Pengikut

uNqxTDPAMkB91mAzsfOzI1Os9mxYnxiovtueTU23

Hari Selasa

Hari Selasa merupakan hari yang istimewa bagi Nabi Sulaiman AS dan ummatnya. Selain itu, har Selasa merupakan hari baik untuk berobat dan melakukan pengobatan. Sebagaian ulama’ mengatakan :

Hari Selasa

  • Alloh SWT menciptakan langit dan bumi pada hari Ahad, Barang siapa ingin membangun atau menanam (Tumbuhan) maka sebaiknya dilakukan pada hari Ahad.
  • Alloh menciptakan matahari dan rembulan pada hari Senin, sifatnya matahari dan rembulan adalah berjalan, maka barang siapa ingin melakukan perjalanan / berpergian maka sebaiknya di lakukan pada hari Senin.
  • Alloh SWT menci[ptakan binatang (Ternak) pada khari selasa, dan Alloh memperbolehkan menyembelih dan mengalirkan darahnya, maka barang siapa ingin berbekam (Cantuk – Jawa) maka sebaiknya dilakukan pada hari Selasa.
  • Alloh SWT menciptakan lautan dan sungai – sungai pad hari Rabu, dan Alloh menghalalkan meminum airnya, maka jbarang siapa ingin meminum obat maka sebaiknya pada hari Rabu.
  • Alloh SWT menciptakan surga dan neraka pad hari Kamis,  dan Alloh menjadikan orang-orang ingin masuk syurga dan selamat dari neraka, mak barang siapa ingin hajat / keinginannya dikabulkan oleh seseorang, maka sebaiknya diulakukann pada hari Kamis.
  • Alloh SWT menciptakan Nabi Adam dan Ibu Hawa pada hari Jum’at, dan di nikahkan pada hari Jum’at, maka barangsiapa ingin menikah maka sebaiknya dilakukan pada hari Jum’at.

A. Fadhilah Hari Selasa.

1. Sholat Sunnah

Menjurut imam Ghozali dalam kitab Ihya’nya pada malam Selasa disunnahkan untuk melakukan sholat sunnah dua rokaat. Setelah membaca surat Al Fatihah kemudian membaca surat Al Ikhlas 15 kali, sureat Al Falaq 15 kali, dan surat An Nass 15 kali. Dan setelah salam, kemudian membaca suerat ayat kursi sebanyak 15 kali dan Istighfar 15 kali. Barang siapa melakukan ibadah seperti diatas, naka akan mendapatkan pahala yang besar dari Alloh SWT.

Di Riwayatkan dari Umar ;

“Barang siapa melakukan (Sholat Sunnah) malam selasa dua rokaat, setiap rokaatnya membaca surat Al Fatihah satu kali, surat Al Qodr tujuh kali, dan surat Al Ikhlas tujuh kali, maka Alloh akan membebaskan jasadnya dari Neraka, dan besok pada hari kiamat sholat tersebut akan membimbing dan menunjukkannya jalan ke Surga”.

Pada hari Selasa di sunnahkan pula melakukan sholat sunnah sepuluh rokaat. Setiap selesai membaca surat Al Fatihah kemudian membaca ayat kursi satu kali dan surat Al Ikhlas tiga kali.

Fadhillah : Selama tujuh puluh hari dosa-dosanya diampuni / tidak dicatat dan jika meninggal dalam tujuh puluh hari tersebut, maka meninggal dalam kondisi syahid dan dosanya selama 70 tahun diampuni.

2. Dzikir.

Setiap hari selasa di sunnahkan membaca dzikir berikut ini 100 kali.

Syekh Syarohwardi meriwayatkan, pada hari Selasa juga di sunnahkan membaca dzikir berikut, 1000 kali.

B. Kisah – Kisah Di Hari Selasa.

Dalam riwayat Anas Bin Malik dijelaskan, bahwa Rosululloh SAW ditanya tentang kejadian peristiwa pada hari Selasa, kemudian Beliau bersabda, “(Selasa) adalah hari yang penuh darah”. Kemudian ditanyakan kepada beliau, kenapa demikian ya Rosululloh Saw...? beliau bersabda, “Karena pada hari itu ibu Hawa’ mengeluarkan darah Haid, dan pada hari itu juga putra nabi Adam membunuh saudaranya”.

Konon, pada hari Selasa banyak tragedi dan peristiwa yang memilukan. Pada hari itu juga pembunuhan pertama terjadi, yaitu Qobil membunuh Habil. Dalam sejarahnya, setiap persalinan ibu Hawa’ melahirkan dua orang putra putri sekaligus. Pasangan pertama yang dilahirkan adalah Qobil dan Iqlima, selanjutnya pasangan yang Ke dua yang dilahirkan adalah Habil dan Damimah. Setelah mereka dewasa, Alloh Swt memerintahkan nabi Adam As untuk menjodohkan mereka dengan bertukar pasangan. Qobil dengan Damina, dan Habil dengan Iqlima.

Habil menerima pernikahan tersebut, sedangkan Qobil tidak menerima pernikahan tersebut. Menurut sebagaian keterangan, alasan Qobil tidak menerima perjodohan tersebut. Menurut sebagaian keterangan, alasan Qobil tidak maumenerima pejodohan tersebut, karena Iqlima lebih cantik di banding Damina, dan merasa derajatnya lebih tinggi di banding Habil dan pasangannya, karean Qobil dan Iqlima di lahirkan di surga, sedangkan Habil dan Damina dilahirka ketika sudah turun ke dunia.

Akhirnya, ketika Nabi Adam AS sedang berpergian menuju Baitulloh, tanpa sepengetahuan saudara-saudaranya Qobil membunuh Habil. Dan itulah pembunuhan pertama di dunia berte;patan dengan hari Selasa. Konon, selama tiga ratus tahun nabi Adam As menagis dan menyesali kejadian itu. Waalohu A’lam.


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar